top of page
Search
avnptr011

TUBAN, KOTA BUMI WALI

Kota Tuban, adalah sebuah kota sangat akrab dijuluki dengan Kota Ronggolawe, dan Juga dijuluki dengan Kota Toak. Karena kian banyaknya petani penghasil Toak, Legen dan Buah Siwalan di kota ini.Selain itu Kota Tuban Juga memiliki julukan lain, yakni Tuban Bumi Wali. Hal ini tidak terlepas dari sejarah tempo dulu, yakni Tuban sebagai pusat penyebaran ajaran agama Islam. Gelar Bumi Wali juga tidak terlepas dari banyaknya makam wali di Tuban, terutama dari kalangan Wali Songo. Salah satunya adalah Sunan Bonang yang lokasi makamnya berada di Kelurahan Kutorejo, sebelah barat Masjid Agung Tuban.

Di Tuban juga terdapat klenteng Kwan Sing Bio. Klenteng ini merupakan klenteng terbesar di kawasan Asia Tenggara, sehingga tak mengherankan jika pengunjungnya juga berasal dari kawasan Asia Tenggara. Klenteng ini juga memiliki kekhasan tersendiri. Selain itu posisinya yang menghadap ke laut menjadikan daya tarik tersendiri. Kota yang memiliki lambang Kuda ini, juga berjuluk Kambang Putih, ini di karenakan Kota Tuban dikelilingi oleh bukit-bukit kapur, yang juga menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat Tuban.


Kota Tuban juga terkenal sebagai Kota seribu Goa. Lokasi Tuban yang berada di deretan Pegunungan Kapur Utara membuat daerahnya memiliki banyak goa. Beberapa goa yang terkenal di Tuban di antaranya Goa Akbar dan Goa Putri Asih.


Selain objek-objek wisata yang sangat menarik, Tuban juga mempunyai wisata Kuliner yang tak kalah menariknya. Di pastikan lidah akan bergoyang jika mencicipi kuliner khas Tuban.

Dan jika anda adalah pecinta batik, anda bisa juga mengunjungi pusat Kerajinan Batik Tuban, yaitu Batik Gedog, yang ada di Kecamatan Kerek, sekitar 30 km kearah Barat. Dijamin, anda akan merasa puas, karena kualitas Batik Gedog, warna dan juga coraknya pantas di acungi jempol.

2 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page